Tips Memulai Bisnis Properti Bagi Pemula

Date created 08.07.2019 11:32:53

Tips Memulai Bisnis Properti Bagi Pemula

 

Tips Bisnis Properti Sukses

Bisnis properti dewasa ini semakin banyak digandrungi masyarakat. Tak melulu harus dengan modal besar, bisnis ini juga bisa dilakukan dengan modal kecil saja. Selain itu, di era serba digital seperti sekarang, berbisnis di bidang properti juga bisa dilakukan secara online.

Apakah Anda juga tertarik dengan bisnis ini? Jika iya, maka Anda wajib tahu bagaimana tips untuk memulai bisnis di bidang properti bagi pemula. Simak ulasan berikut sampai selesai, ya.

 

Berani Memulai dari Nol

Tips yang pertama tentu ada pada keberanian dan kebulatan tekad. Mungkin, untuk memulai bisnis ini memang bukan hal yang bisa dikatakan mudah. Namun, jika sudah ada tekad yang kuat, maka tentu hal ini akan mendorong Anda untuk bisa memulai dari nol.

Dengan memulai semuanya dari zero, mental bisnis Anda akan terbentuk semakin gigih dan tahan banting. Lagi pula, cerita suksesnya siapa yang serta-merta ada di atas? Semua pasti memulai dari bawah.

 

Mulailah dari Lingkungan Sekitar

Tips berikutnya untuk melatih dan membangun bisnis ini adalah memulainya dari lingkungan terdekat. Anda bisa melakukannya dengan bertanya pada tetangga, teman, atau kerabat.

Misalnya, Anda tahu bahwa tetangga sebelah sedang mencari orang yang bisa mengontrak rukonya. Maka tanyakanlah berapa sewa per tahun atau sewa per bulannya. Kemudian, Anda bisa membantu memasarkan dengan bekal informasi tersebut.

Selain bernilai untuk bisnis di bidang properti, usaha ini juga akan sangat membantu tetangga Anda tersebut.

 

 

Buatlah Iklan Online

Tips berikutnya supaya bisnis Anda jalan adalah dengan membuat iklan online. Jika sudah mendapatkan informasi yang detail dari beberapa rekan yang membutuhkan, saatnya beraksi.

Akan lebih baik jika Anda menghimpun setiap properti tersebut per daerah. Ini akan memudahkan calon penyewa atau pembeli karena sudah lebih mengerucut.

Misalnya saja Anda tinggal di kawasan Kemayoran, maka semua properti dijual yang ada di Kemayoran, jadikanlah dalam satu wadah iklan. Jangan lupa untuk mencantumkan hal-hal penting seperti harga, contact person, luas, lokasi, dan sebagainya.

Harga yang Anda tawarkan boleh lebih tinggi dibanding permintaan penjual. Setelah itu, sebarkanlah berita tersebut di media online atau media sosial bersponsor milik Anda.

 

Pastikan Tahu Betul Apa yang Dipegang

Berikutnya adalah dengan tahu betul apa yang Anda tawarkan. Jika Anda diminta bantuan untuk menjualkan atau mencarikan rumah misalnya, maka ketahui benar bagaimana kondisi dan riwayat rumah tersebut.

Tanyakan spesifikasi yang detail pada penjual mengenai harga, luas, lokasi, lingkungan, keamanan, SHM, dan lainnya. Ini akan sangat membantu upaya iklan Anda pada calon pembeli.

Jika bidang properti yang ditawarkan adalah kos-kosan misalnya, maka tanyakan juga berapa harga sewa per minggu atau bahkan sewa per harinya.

Usahakan Anda memiliki beberapa cadangan properti, jangan hanya berpatok pada satu rumah saja. Ini akan membantu calon pembeli untuk punya alternatif lain saat mereka tidak menyukai pilihan pertama.

Selain itu, diskusikan juga dengan penjual mengenai berapa persen Anda akan mendapatkan fee. Jika perlu, lakukan perjanjian ini secara tertulis hitam di atas putih untuk menghindari adanya pihak yang dirugikan.

 

Tingkatkan Kemampuan Marketing

Salah satu tips yang paling penting dalam bisnis ini adalah kemampuan Anda di bidang marketing. Mungkin Anda sudah menemukan calon pembeli, namun jika kecakapan marketing Anda kurang, mereka bisa saja lari.

Karena itu, penting untuk selalu meng-upgrade kemampuan marketing ini. Misalnya dengan hal-hal mendasar seperti fast respon, ramah, dan tidak terkesan memaksa.

 

Itulah beberapa tips sukses bisnis properti untuk pemula. Anda sedang mencari properti yang dijual dengan penawaran harga miring? Yuk, segera kunjungi GrahaRumah.com