Mau Memulai Bisnis Properti Rumah? Perhatikan 5 Hal Ini!

Date created 09.07.2019 13:27:08

Mau Memulai Bisnis Properti Rumah? Perhatikan 5 Hal Ini!

 

Bisnis Properti Rumah, Bisnis Menjanjikan

 

Berbisnis di bidang properti bisa dilakukan siapa saja, termasuk Anda. Tergiur untuk memulainya? Salah satu prospek yang baik untuk bisnis ini adalah bisnis properti rumah.

Agar tidak salah langkah dalam memulai bisnis dengan keuntungan besar tersebut, perhatikan dulu 5 hal ini, ya!

 

1. Pastikan Lokasi Strategis

Hal pertama yang harus diperhatikan saat memutuskan berbisnis di bidang properti adalah lokasi yang strategis. Apa pun jenis bisnis Anda, baik itu rumah, kosan, ruko, atau tanah, maka lokasinya harus strategis.

Ini akan berpengaruh pada ketertarikan calon pembeli atau penyewa Anda. Selain itu, strategis atau tidaknya lokasi juga berpengaruh pada harga.

Bandingkan saja sewa per tahun sebuah ruko yang berada di kawasan ramai. Tentu akan lebih mahal dibanding ruko yang ada di kawasan sepi, bukan?

Hal yang perlu diperhatikan untuk memilih lokasi ini adalah adanya kemudahan akses dan fasilitas bagi target market Anda.

 

2. Pastikan Desain Produk yang Menarik

Tak hanya untuk bisnis makanan saja, packaging yang menarik juga sangat dibutuhkan untuk berbisnis di bidang properti.

Masyarakat kita sekarang sudah jeli sekali dalam menilai suatu produk properti dijual. Tentu, selain lokasi yang strategis, tempat yang apik, menarik, dan instagramable adalah prioritas kedua setelahnya.

Misalnya, Anda berniat membuat kos-kosan. Dalam iklan, selain mencantumkan harga sewa per bulan atau sewa per minggunya, cantumkan juga foto secara lengkap.

Misalkan di depan kost terdapat taman, air mancur, gerbangnya yang megah, dan sebagainya. Ini akan menjadi daya tarik tersendiri setelah orang melihat harga sewanya.

 

 

3. Pastikan Fasilitas Memadai

Pertimbangan lain yang biasanya dilihat oleh calon pembeli atau penyewa Anda adalah fasilitas dari produk properti tersebut.

Jangan berhenti hanya sampai menjual produk saja, namun pastikan pembeli Anda mau kembali lagi dan lagi. Salah satu yang bisa menarik hal ini adalah fasilitas yang Anda suguhkan untuk menunjang kepuasan konsumen Anda.

Misalnya, jika Anda ingin membangun sebuah apartemen, maka lengkapi juga fasilitas di dalamnya. Sediakanlah juga restoran, cafe, pusat perbelanjaan, dan sebagainya.

Cantumkan juga jatah sewa berikut harga sewa per harinya jika apartemen tersebut disewakan untuk harian juga.

Meski modalnya cukup besar, namun income yang akan didapat pun sebanding. Jika pelanggan puas dengan segala fasilitasnya, bisa jadi mereka akan merekomendasikan apartemen Anda pada rekan-rekannya.

 

4. Pastikan Produk Properti Terjual Cepat

Hal yang satu ini juga sangat penting untuk kelangsungan bisnis Anda dalam bidang properti. Seorang ahli properti mengatakan, bahwa produk Anda sebisa mungkin harus terjual dengan cepat.

Kenapa begitu? Karena, semakin lama produk tersebut terjual, biaya operasional properti yang akan Anda tanggung pun akan semakin besar.

Contoh kecilnya adalah pajak. Jika Anda membangun ruko atau perumahan yang lama terjual, maka Anda bisa dirugikan hanya karena harus membayar pajak sendiri.

Untuk itu, pastikan konsumen Anda tidak berpikir sampai dua atau tiga kali untuk membeli produk Anda. Semakin banyak konsumen berpikir, semakin tipis kemungkinan mereka mengambilnya.

Jadi, produk properti Anda itu memang harus sempurna dari hal-hal yang sudah disebutkan di atas tadi.

 

5. Pastikan Kelola dengan Baik

Servis atau maintain harus terus dikembangkan oleh Anda meski jika produk properti Anda sudah laku keras.

Misalnya, komplek perumahan sudah laku, maka bukan berarti Anda bisa membiarkannya begitu saja. Teruslah memberi pelayanan terbaik seperti menanyakan apa lagi yang dibutuhkan oleh konsumen. Ini penting untuk menumbuhkan rasa percaya konsumen kepada Anda.

 

Setelah memperhatikan kelima hal di atas, semakin tertarikkah Anda untuk menggeluti bisnis properti? Untuk peluang bisnis dengan beragam produk properti, yuk segera bergabung dengan GrahaRumah.com!