Legalitas Menjadi Faktor Utama untuk Keberhasilan dalam Bisnis Properti

Date created 09.07.2019 13:53:29

Ini 5 Alasan Kenapa Legalitas Menjadi Faktor Utama untuk Keberhasilan dalam Bisnis Properti

 

Pentingnya Legalitas dalam Bisnis Properti

 

Bisnis properti seolah sedang menjadi primadona dewasa ini. Banyak sekali orang yang mencoba peruntungan mereka di bisnis ini.

Memang, bisnis dalam bidang properti menawarkan keuntungan besar yang menggiurkan. Namun, sebelum memulainya tentu ada beberapa faktor pendukung yang harus dipenuhi demi suksesnya bisnis ini.

Salah satu faktor tersebut adalah legalitas. Bahkan, legalitas ini didapuk sebagai faktor utama yang menentukan sukses tidaknya bisnis Anda. Kenapa? Simak ulasan berikut sampai selesai, ya!

 

1. Menjadi Titik Tolak Berjalannya Proyek

Seperti yang sudah diketahui, aspek legalitas ini sangat penting sebagai penggerak untuk berjalannya bisnis Anda secara keseluruhan.

Legalitas ini merupakan hal yang berhubungan dengan perijinan, khususnya sertifikasi lahan proyek. Di Indonesia sendiri, ada banyak sekali bentuk legalitas tanah.

Menurut UUPA, sertifikasi tanah tersebut terbagi menjadi Sertifikat Hak Pakai (SHP), Sertifikat Hak Milik (SHM), juga Sertifikat Hak Guna Bangunan (SHGB).

Masing-masing sertifikasi ini juga memiliki peruntukan tersendiri seperti yang sudah diatur dalam Undang-Undang.

Jadi, pastikan lahan yang akan digarap sebagai tempat bisnis Anda telah memenuhi sertifikasi tersebut agar proyek tetap berjalan.

 

2. Memastikan Tanah Aman

Selanjutnya, aspek legalitas juga penting untuk memastikan tanah yang digunakan berstatus aman. Ini adalah pekerjaan utama dari divisi legal dalam sebuah proyek.

Artinya, tanah yang sedang Anda garap memang benar-benar bersih dan tidak ada sengketa atau pun masalah tertentu.

Untuk memastikan hal ini, harus dilakukan pengecekan terlebih dahulu. Pengecekan tersebut dimulai dari kantor desa atau kelurahan, notaris, dan selanjutnya ke kantor pertanahan.

Selain lokasi strategis tanah yang nantinya akan berpengaruh pada harga sewa per tahun dan keberhasilan produk properti dijual, status tanah ini juga sangat penting.

Konsumen jelas akan memilih bangunan yang didirikan di atas tanah yang legal dan tidak bersengketa.

 

 

3. Sebagai Ciri Pengembang Profesional

Legalitas juga akan menunjukkan identitas sebuah pengembang atau developer. Adanya legalitas usaha, menunjukkan bahwa pengembang tersebut sudah profesional.

Dengan ini, konsumen akan lebih tertarik untuk segera membeli produk properti Anda. Mereka yakin bahwa perusahaan pengembang tersebut memang terpercaya dan tidak akan melakukan penipuan.

Karena itu, sebuah perusahaan pengembang haruslah berdiri di atas badan hukum, seperti CV atau PT. Selain sebagai bentuk legalitas, ini juga akan mempermudah dalam pengurusan izin.

Untuk mencari modal pun akan lebih mudah, karena bank atau perusahaan pemodal lain juga percaya pada legalitas perusahaan properti Anda.

 

4. Meyakinkan Calon Konsumen

Jangan remehkan ampuhnya legalitas baik lahan mau pun perusahaan properti Anda untuk menarik minat konsumen.

Jika Anda berencana untuk mendirikan sebuah bangunan yang bisa disewa per hari, sewa per minggu, atau sewa per bulan, maka legalitas lahan menjadi hal pertama yang dicari konsumen.

Begitu pula jika Anda berniat mengembangkan real estate, maka jelas konsumen akan memilih lahan yang bebas sengketa.

Konsumen di Indonesia sekarang ini sudah semakin jeli. Sebelum menyewa atau membeli produk properti, mereka lebih dulu akan mengecek status lahan baik ke BPN mau pun notaris.

 

5. Sarana Perlindungan Hukum dan Promosi

Terakhir, pentingnya aspek legalitas untuk perusahaan properti Anda adalah sebagai sarana perlindungan hukum.

Jika sesuatu yang tidak diinginkan terjadi, maka setidaknya Anda tidak akan menghadapinya sendirian karena perusahaan tersebut berdiri di atas hukum.

Legalitas juga merupakan sarana promosi terbaik yang menekankan pada konsumen bahwa perusahaan Anda adalah perusahaan yang terpercaya.

 

Sedang mencari produk properti yang legal atau ingin memulai bisnis properti? Yuk, segera bergabung di GrahaRumah.com sekarang juga!