Ingat! Ini Kelemahan Bisnis Properti Online

Date created 12.07.2019 11:24:33

Ingat! Ini Kelemahan Bisnis Properti Online

 

Kelemahan Bisnis Properti Online yang Wajib Diketahui

 

Menjalankan bisnis properti online memang menghasilkan, ya. Untung yang didapat besar, kerjanya juga bisa lebih fleksibel dan praktis.

Tidak heran jika akhirnya banyak sekali orang yang mencoba peruntungan mereka di bisnis ini.

Meski begitu, jangan terbuai dengan hal-hal menggiurkan yang ditawarkan. Anda tetap harus selalu mengupgrade ilmu, juga mengikuti arus online dan tentunya berhati-hati. Karena, bisnis di bidang properti versi online ini juga punya kelemahan tersendiri.

Apa sajakah kelemahannya? Simak ulasan berikut sampai selesai, ya!

 

1. Tergantung Pada Internet

Benar sekali, hal ini adalah salah satu kelemahan dan juga kelebihan dari berbisnis properti via online ini.

Kelebihannya adalah Anda bisa melakukannya di mana saja dan kapan saja. Namun, kelemahannya juga ada pada internet itu sendiri.

Anda akan bisa menjalankan bisnis dengan lancar selama jaringan internet Anda lancar. Namun, jika Anda sedang berada di daerah yang susah sinyal atau kuota sedang sekarat, maka Anda pun tidak akan bisa menjalankan bisnis ini.

Karena itu, persiapan sarana dan media yang matang seperti wi-fi dan sebagainya memang harus dipikirkan sejak awal. Karena ini adalah bisnis online, maka dia akan bisa berjalan hanya bila Anda sedang online. Karenanya, Anda pun dituntut untuk selalu online.

 

2. Kompetitor yang Lebih Banyak

Banyaknya stok properti dijual di era ini nyatanya membuat semua orang memikirkan hal yang sama yakni bagaimana mencari keuntungan darinya?

Karena itu, jangan kaget bila saingan Anda dalam bisnis ini juga banyak sekali. Apa lagi dalam bisnis online yang jangkauannya tidak terbatas, maka pesaing Anda pun bisa saja tidak terbatas.

Di sinilah tantangan sesungguhnya bagi pembisnis properti online seperti Anda. Bagaimana tips Anda dalam mengungguli para kompetitor wajiblah dikuasai.

Jadi, bisnis ini memang sepertinya santai dan kelihatan mudah. Namun sebenarnya, otak Anda juga dituntut untuk selalu memikirkan inovasi-inovasi terbaru atau hal-hal yang kemungkinan akan menarik hati konsumer.

 

 

3. Rentan Penipuan

Nah, satu hal yang tidak luput dari berbisnis online, apapun bisnisnya, adalah yang satu ini. Penipuan kerap kali terjadi.

Tidak heran sebenarnya, jika mengingat bisnis online ini dilakukan di belakang layar saja. Tidak adanya tatap muka atau pertemuan langsung antara pihak penjual dan pembeli meningkatkan kesempatan penipuan ini.

Karena itu, Anda memang sudah seharusnya waspada dan lebih teliti, juga hati-hati. Pastikan Anda sudah mencantumkan semua spesifikasi dengan detail. Misalnya, berapa harga sewa per tahun atau sewa per bulan pada rumah kontrakan yang ditawarkan.

Ini akan membantu memperjelas calon konsumer sehingga Anda bisa langsung menunjukkannya jika ada tanda-tanda yang mencurigakan. Selalulah waspada dengan kejahatan internet yang marak terjadi ini.

 

4. Perbandingan Harga yang Lebih Mudah

Sekarang ini, banyak sekali website yang digunakan untuk melihat perbandingan harga. Ini akhirnya bisa menjadi bumerang bagi pembisnis properti online seperti Anda.

Selain margin perusahaan, pengembang misalnya, bisa turun, calon konsumer pun bisa dengan mudah meninggalkan produk properti yang ditawarkan.

Karenanya, hal ini juga menjadi PR besar bagi para pelaku bisnis online. Jika Anda melakukan bisnis homestay misalnya, jangan lupa cantumkan detail seperti sewa per hari atau sewa per minggunya. Cantumkan pula fasilitas apa saja yang disuguhkan.

Semakin banyak informasi, konsumer tidak akan berpikir banyak lagi, apa lagi sampai membandingkan harga sewa homestay Anda dengan lainnya.

 

Itulah beberapa kelemahan bisnis properti online yang sering terjadi. Namun, jangan khawatir, bergabunglah dengan GrahaRumah.com  untuk pengalaman berbisnis properti yang mengesankan. Butuh produk properti dengan harga terbaik? Di situlah tempatnya!