Tips Beli Tanah Kosong Tanpa Makelar

Date created 18.07.2019 14:42:40

Tips Beli Tanah Kosong Tanpa Makelar

 

5 Tips Cara Membeli Tanah Kosong Tanpa Makelar Agar Tidak Tertipu

 

Dalam proses pembelian sebidang tanah kosong, tidaklah semudah layaknya membeli sebuah barang. Segala sesuatunya memerlukan persiapan dan proses yang teliti. Apalagi jika membelinya tanpa menggunakan jasa makelar. Pengetahuan tentang tata cara pembelian dan juga proses memang tidak bisa dilakukan sembarangan agar tidak menimbulkan sengketa di kemudian hari apabila properti dijual.

 

Bagi Anda yang sedang berniat membeli tanah, agar tidak mengalami penipuan, maka tips di bawah ini bisa Anda gunakan untuk menghindari adanya penipuan. Simak tips lengkapnya berikut ini:

 

Ketahui Keadaan Tanah

Mengetahui keadaan tanah sebelum melakukan pembelian adalah suatu hal yang penting. Mulai dari luas tanah, batas tanah, ukuran tanah serta kondisi fisik tanah. Meskipun tujuannya untuk investasi atau untuk dibangun rumah, jangan pernah meremehkan proses yang satu ini.

Sebab tanah kosong, tentu tidak diketahui bagaimana kondisi sebenarnya. Apalagi konturnya apakah merupakan tanah bebatuan, tanah berpasir atau kondisi yang lainnya.

 

Mengetahui Status Tanah

Tips kedua yang harus Anda perhatikan adalah tentang status tanah tersebut apakah termasuk tanah warisan atau tanah sengketa. Legalitas tanah tersebut dapat di cek melalui sertifikat apakah sesuai dengan nama yang tertera. Jika Anda merasa belum memahami hal tersebut, bisa meminta bantuan notaris untuk mengecek status tanah tersebut.

 

Periksa Kelengkapan Surat-Surat Tanah

Tanah yang tidak dalam masalah adalah tanah yang mempunyai status bersih dan juga punya kelengkapan surat-surat. Baik itu surat jual beli atau pun sertifikat. Kelengkapan surat ini sangat dibutuhkan apabila Anda berkeinginan menjualnya kembali atau bila suatu saat terjadi masalah.


 

Libatkan Notaris

Melibatkan notaris sama pentingnya dengan tips yang lainnya. Peran notaris ini akan sangat butuhkan mulai dari proses pengecekan status tanah hingga proses pengurusan balik nama. Pihak notaris juga akan membantu dalam proses pengecekan keaslian sertifikat di Badan Pertanahan. Untuk menghindari pemalsuan atau pun permasalahan sengketa. Jika proses tersebut clear dan tidak ada masalah maka proses jual beli bisa dilanjutkan.

 

Balik Nama dan Proses AJB

Melakukan proses balik nama dan AJB adalah hal selanjutnya yang harus Anda lakukan setelah terjadi kesepakatan pembelian. Untuk memudahkan proses ini, peran notaris juga diperlukan. Meskipun diperlukan biaya tambahan, tidak masalah agar proses tersebut bisa berjalan lancar dan Anda bisa memiliki tanah tersebut dengan aman dan tanpa masalah di kemudian hari.

 

Membeli tanah yang akan dijadikan investasi atau pun akan dibangun perumahan, mengetahui segala prosesnya adalah sesuatu hal yang penting dan harus dilakukan dengan teliti. Terlebih jika tidak melibatkan makelar dalam proses jual belinya. Tidak hanya pengalaman, pengetahuan tentang jual beli tanah tidak bisa diabaikan.

 

Tanah kosong yang belum tentu jelas keadaannya memang harus dilihat secara langsung. Tentang kondisi serta kesiapan surat-suratnya. Sebab hal tersebut akan menentukan apa yang terjadi di kemudian hari. Apabila semua surat lengkap maka tidak akan membawa masalah bagi Anda. sebaliknya jika terjadi penipuan surat akan mendatangkan banyak masalah. Oleh karena itu peran notaris pun sangat Anda perlukan dalam proses ini. Sebisa mungkin mengetahui tentang kejelasan tanah tersebut. Jika ingin lebih aman bisa menghubungi agen properti yang telah terkenal terpercaya dan profesional dalam menangani jual beli tanah. Profil lengkapnya dapat Anda lihat di GrahaRumah.com.

Demikian informasi tentang tata cara proses pembelian tanah yang harus Anda ketahui. Semoga bermanfaat dan Anda tidak akan mengalami permasalahan dalam proses tersebut.