Tips Desain Apartemen Tipe Studio

Date created 22.05.2019 11:12:40

Tips Memaksimalkan Desain Apartemen Tipe Studio Agar Tidak Terlihat Sempit

 

GrahaRumah Tips Interior Apartemen Mungil

Cara Desain Apartemen Tipe Studio Agar Tampak Maksimal

Apartemen tipe studio merupakan jenis hunian kecil dan berbentuk vertikal. Semakin hari, tipe hunian tersebut cukup menjamur di perkotaan hingga pinggiran kota. Harganya dibanderol cukup bervariatif dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Bahkan, ditawarkan juga dengan pilihan harga sewa per hari, sewa per minggu hingga sewa per bulan yang bervarian. Umumnya, luas ukuran hunian ini berkisar antara 20 hingga 26 meter persegi.

Ruangan yang terbatas, mungkin menjadi suatu penghambat bagi Anda dalam mengambil keputusan penting, khususnya dalam desain interior. Namun tidak usah khawatir, berikut akan kami ulas tips untuk memaksimalkannya.

GrahaRumah Trik Design Interior Apartemen ukuran Kecil

  1. Cara Memaksimalkan Pemisah Ruangan

Konsep hunian tersebut, mungkin akan tampak seperti ruang terbuka, yakni tidak terdapat sebuah ruang pemisah (kecuali toilet). Minimnya area tersebut, tentu mengharuskan Anda agar cerdas dalam mengelola dekorasi, khususnya pada pemisah ruangan.

Anda bisa menggunakan tirai, atau partisi yang terbuat dari kaca untuk pembatas. Hal ini merupakan praktis untuk pemisah ruangan. Partisi bisa Anda tempatkan antara ruang tamu dan tidur. Sementara itu, tempatkanlah lemari di antara tempat makan dan dapur sebagai tempat penyimpanan ekstra.

  1. Menggunakan Tempat Penyimpanan Vertikal

Tempat penyimpanan dengan bentuk horizontal maupun vertikal sangat cocok untuk hunian tipe studio. Tempat tersebut dapat memaksimalkan area sempit pada apartemen Anda. Misalnya, pada bagian sisi pintu, Anda menempatkan dua rak buku dengan tampilan built-in.

Manfaatkan juga area dinding kosong sebagai tempat persembunyian furniture jenis lipat. Di antaranya seperti kasur atau meja makan yang bisa dilipat.

  1. Memilih Palet Warna yang Tepat

Pilihlah warna-warna yang ringan sebagai tipe pencahayaan interior hunian Anda. Sementara itu, di lain sisi warna gelap cenderung akan membuat ruangan tampak lebih kecil. Cobalah menggunakan 3 jenis palet warna yang tepat untuk interior. Lalu, tambahkanlah akses warna gelap untuk menarik secara visual.

  1. Menambahkan Kesan Lengkung

Furniture yang berbentuk melengkung sangat cocok untuk hunian tipe studio. Fungsinya agar ruangan tidak monoton. Beberapa furniture berkelok yang bisa Anda gunakan seperti meja makan berbentuk bulat atau sofa dengan bagian sisi yang miring.

Setelah Anda menemukan furniture yang sesuai, selanjutnya tambahkan juga dengan asesoris dengan bentuk yang serupa lainnya.

  1. Menempatkan Furniture Multifungsi

Pada hunian yang memiliki ruangan kecil, tentunya setiap inci yang dimilikinya akan begitu penting. Tempatkanlah sebuah furniture yang memiliki tugas ganda. Salah satunya adalah tempat tidur yang bisa Anda tempatkan dengan furniture tersebut.

Pertimbangkan juga untuk memilih jenis tempat tidur yang bisa Anda lipat pada sofa ketika sedang menonton TV, atau jenis meja makan yang terpasang pada dinding secara langsung.

  1. Maksimalkan Ruangan yang Tidak Terpakai

Identifikasi secara menyeluruh, mana saja ruangan mati di hunian Anda. Ruangan mati atau ruang yang tidak memiliki fungsi khusus ternyata bisa Anda maksimalkan. Caranya cukup mudah, seperti misalnya dengan menempatkan sebuah keranjang piring yang terletak di atas kulkas, atau menambahkan elemen lain seperti memanfaatkan bawah sofa sebagai laci dan lemari kecil.

  1. Rapikan Hunian

Faktor yang tidak kalah penting lainnya ialah memastikan hunian Anda tidak berantakan. Rapikanlah hunian Anda secara berkala. Jika tempat tinggal Anda berantakan, tentu ruangan akan tampak semakin lebih sempit. Maka dari itu, atur jadwal kebersihan Anda. Jika tidak memiliki waktu luang yang banyak, lakukanlah satu kali dalam seminggu.

Itulah cara memaksimalkan apartemen tipe studio agar tampak tidak sempit. Kini, melalui cara di atas, hunian Anda akan lebih nyaman dan tampak luas. Jika Anda sedang mencari properti dijual, kini Anda bisa mencarinya secara online di GrahaRumah.com.