Ini 5 Keuntungan Investasi Tanah Kavling!

Date created 30.09.2019 10:21:13

Ini 5 Keuntungan Investasi Tanah Kavling!

 

Menggiurkannya Bisnis Tanah Kavling

 

Berbisnis tanah kavling tentu cukup menggiurkan, apalagi jika Anda memang memiliki dana yang cukup untuk investasi. Ada banyak hal yang menjadi daya tarik dalam berbisnis kavlingan tanah. Jika Anda berencana untuk menginvestasikan dana Anda untuk berbisnis tanah, beberapa poin terkait keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari investasi tanah di bawah ini mungkin patut dipertimbangkan.

 

Keuntungan Berinvestasi Properti Kavlingan Tanah

 

Beberapa keuntungan dari investasi tanah berikut ini membuat orang berlomba-lomba untuk menginvestasikan dananya di bisnis tanah ini, antara lain:

 

1. Bisnis tanah menjanjikan capital gain

Tanah menjanjikan keuntungan dari capital gain yang akan Anda dapatkan selama beberapa tahun ke depannya. Meski bukan merupakan jenis investasi yang akan langsung dirasakan keuntungannya dalam jangka waktu dekat, namun bisnis tanah sangat menjanjikan sebagai investasi jangka panjang.

Harga tanah sendiri akan naik setiap tahun hingga mencapai 20 persen sampai 25 persen. Kenaikan inilah yang memberikan keuntungan bagi pembisnis kavlingan tanah. Umumnya pembisnis kavlingan tanah tidak akan langsung menjual tanahnya dalam waktu dekat. Anda harus setidaknya mendiamkan tanah tersebut selama lima tahun agar keuntungan berlipat hingga 5 kali harga awal. Jika keuntungan belum mencapai lima kali lipat, maka sebaiknya tidak menjual tanah tersebut terlebih dahulu apalagi jika tanah tersebut masih berprospek besar.

 

2. Tanah tidak memerlukan biaya perawatan

Bisnis tanah memiliki keuntungan berupa tidak membutuhkan biaya perawatan selama masa Anda menunggu hingga harga jualnya naik 5 kali lipatnya. Tanah tidak akan rusak, basi dan sebagainya sehingga Anda tidak perlu mengeluarkan usaha lebih untuk merawatnya. Terlebih, jika Anda ingin memanfaatkan tanah tersebut, Anda bisa menjadikannya perkebunan atau usaha lain selama tanah tersebut belum dijual.

Hal ini tentu berbeda jika di atas tanah tersebut sudah dibangun bangunan seperti ruko, hunian dan sebagainya. Maka diperlukan perawatan agar bangunan tidak rusak.

 

3. Mendapat keuntungan dari Demand vs Supply

Patut diingat bahwa tanah tidak akan bertambah persediaannya sementara permintaan tentu akan meningkat. Permintaan tanah terutama untuk hunian akan terus bertambah mengingat jumlah penduduk yang terus berkembang. Peluang ini harus jeli Anda manfaatkan jika ingin berinvestasi kavlingan tanah terutama yang ditujukan untuk hunian. Ketika permintaan semakin tinggi, maka harga tanah pun akan semakin meningkat.

 

 

4. Tanah yang masih belum dijual bisa untuk bisnis lain

Tanah merupakan jenis investasi yang sangat fleksibel dan tidak akan rusak meski didiamkan atau digunakan dalam waktu lama. Agar tanah Anda tidak terbengkalai selama masih berupa lahan kosong, Anda bisa memanfaatkan lahan tersebut untuk usaha lainnya. Misal, jika tanah tersebut lahan subur, sebaiknya Anda menjadikan tanah tersebut untuk perkebunan buah dan sayur. Anda juga bisa menyewakan lahan tersebut untuk usaha lainnya. Dengan menjadikannya lahan produktif, Anda bisa mendapatkan keuntungan sambil menunggu harga lahan naik.

 

5. Ingin ada nilai tambah? Anda bisa mengembangkan lahan tersebut

Jika ingin mendapatkan tambahan keuntungan, sebaiknya Anda mengembangkan tanah tersebut sebelum di jual. Saat ini sedang tren pengembangan hunian berskala kecil yang ditawarkan dalam bentuk kluster. Anda juga bisa menjual lahan dalam bentuk ruko apabila terletak di lokasi strategis.

 

Itulah beberapa keuntungan dari berbisnis tanah kavling yang cukup menjanjikan sebagai investasi jangka panjang. Jika tertarik, Anda bisa melihat berbagai tawaran properti dijual yang menggiurkan di kota-kota besar yang ada di GrahaRumah.com. Banyak iklan di website ini yang menawarkan berbagai tipe properti seperti ruko, tanah kosong hingga hunian.