Tips Menentukan Harga Jual Ruko

Date created 21.11.2019 10:44:40

Tips Menentukan Harga Jual Ruko

 

Menetapkan Harga Jual Ruko Tak Boleh Sembarangan

Menetapkan harga jual ruko (rumah toko) tentu tidak bisa sembarangan. Banyak faktor yang mempengaruhi harga jual seperti lokasi dan luas lahan. Salah menentukan harga jual rumah toko bisa menyebabkan rumah toko tidak laku-laku apabila harga jual terlalu mahal. Selain itu, harga jual terlalu rendah bisa membuat Anda menderita kerugian.

 

Tips agar Harga Jual Rumah Toko Sesuai dan Cepat Laku

Mempelajari beberapa poin penting di bawah ini penting dilakukan agar harga jual rumah toko Anda sesuai dan Anda tidak menderita kerugian.

 

1. Mengetahui harga tanah di kawasan sekitar

Mengetahui harga tanah di kawasan sekitar penting agar harga properti Anda sesuai dengan harga jual tanah di lokasi tersebut. Agar tidak bingung dan repot, Anda bisa mengecek harga tanah di kawasan tersebut berdasarkan Nilai Jual Objek Pajak (NJOP) properti. Nilai Jual Objek Pajak (NJOP) rumah toko dapat Anda periksa dalam lembar tagihan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) yang Anda terima setiap tahunnya. Informasi lengkap mengenai NJOP dari mulai tanah sampai harga bangunan bisa Anda lihat dalam lembar PBB.

Meski harga jual tanah dan bangunan rumah toko bisa Anda lihat dalam NJOP yang tertera di lembar PBB, namun jangan berpatokan hanya pada nilai NJOP ini. Hal ini dikarenakan nilai yang tertera pada NJOP sebenarnya adalah nilai minimum penjualan sehingga sangat rendah untuk menentukan harga jual properti. Harga tanah dan bangunan yang sebenarnya di lokasi biasanya dapat mencapai dua sampai tiga kali lipatnya NJOP.

 

2. Mempelajari keunggulan dan kekurangan dari ruko

Sebelum menjual rumah toko, Anda harus mempelajari kelebihan dari rumah toko tersebut beserta kekurangannya. Caranya adalah dengan memeriksa kondisi rumah toko secara menyeluruh, dari mulai bangunan kerasnya, area plafon, hingga aliran air dan sebagainya. Apabila dalam kondisi baik, artinya itu merupakan kelebihan dari rumah toko tersebut sebagai properti dijual.

Sementara apabila terdapat kerusakan, sebaiknya Anda memperbaiki kerusakan tersebut karena akan mengurangi harga jual. Kerusakan pada bangunan rumah toko, meskipun tidak terlalu parah, dapat menjatuhkan harga properti. Anda dapat mematok nilai jual berdasarkan akumulasi dari biaya perbaikan juga.

 

3. Spesifikasi bangunan akan sangat mempengaruhi

Spesifikasi bangunan akan sangat mempengaruhi harga jual rumah toko. Misalnya, berapa jumlah lantai rumah toko, jumlah kamar tidur, kamar mandi dan sebagainya akan mempengaruhi harga jualnya. Selain itu, luas bangunan dari rumah toko tersebut juga harus dipertimbangkan. Selanjutnya, Anda juga dapat mempelajari harga jual rumah toko berdasarkan material yang digunakan untuk membangun rumah toko. Pelajari harga material tersebut saat ini di pasaran dan sesuaikan dengan harga jual properti.

 

 

4. Lokasi yang strategis sangat mempengaruhi

Karena rumah rumah toko akan digunakan untuk berbisnis dan bukan hanya untuk hunian, sehingga strategis tidaknya rumah toko akan sangat berpengaruh terhadap harga jual. Apabila rumah rumah toko terletak di lokasi yang dekat dari fasilitas umum seperti sekolah, rumah sakit dan sebagainya maka harga jualnya akan semakin tinggi. Apalagi apabila belum ada banyak kompetitor di sekitar lokasi, Anda dapat menjadikan alasan ini untuk mendongkrak harga jual properti.

 

5. Membandingkan harga jual dengan bangunan di sekitar

Ini merupakan cara paling simpel dan paling sering dilakukan. Anda dapat bertanya kepada rumah toko lain yang juga dijual di sekitar daerah tersebut untuk membandingkan harga jualnya.

 

Itulah lima tips dalam menentukan harga jual ruko. Selain lima tips di atas, Anda juga dapat membandingkan harga jual berbagai properti lewat website GrahaRumah.com yang menyajikan harga berbagai properti yang dijual di berbagai kota di Indonesia.