Butuh Tempat untuk Usaha? Sewa Atau Beli Ruko ?

Date created 09.12.2019 11:44:10

Butuh Tempat untuk Usaha? Sewa Atau Beli Ruko ?

 

Perbandingan Menyewa dan Membeli Ruko Serta Kelebihannya

Ruko atau rumah toko adalah tempat usaha yang banyak digemari. Konsepnya terbilang unik karena menggabungkan hunian dengan toko. Bangunan ini sangat cocok untuk rumah di pinggir jalan. Karena memanfaatkan keramaian sebagai target usaha merupakan langkah yang tepat. Selain itu, usaha ini adalah usaha rumahan yang terbilang sangat potensial.

Tapi terkadang, orang yang selalu diberi dua pilihan antara membuatnya atau menyewanya? Untuk Anda yang sedang dihadapkan kedua pilihan tersebut. Pada artikel kali ini akan dibahas tentang keuntungan menyewa dan membangun sendiri tempat usaha tersebut. Selain itu, diulas juga pertimbangan-pertimbangan lainnya.

 

Lebih Baik Menyewa Tempat Usaha atau Membangunnya?

Menyewa atau membangun tempat usaha adalah keputusan yang penting. Di dalam bisnis, terkadang seseorang dihadapkan pada keputusan, bukan pilihan. Keputusan ini tidak boleh diabaikan. Karena, keputusan Anda akan berpengaruh pada perkembangan bisnis di masa yang akan datang.

Ada beberapa usaha yang memerlukan sebuah peralatan khusus. Biaya instalasinya pun terbilang tinggi. Setelah Anda cek pengeluaran, ternyata biaya pindah-pindah tempat memerlukan biaya besar, maka akan merepotkan jika harus menyewanya. Daripada bingung ketika mengalami permasalahan tersebut, yuk intip beberapa tips berikut ini:

1. Dari Segi Keuntungan Finansial

Saat ini pembisnis masih banyak yang berdebat. Beberapa pembisnis lebih memilih memutarkan uang di dalam bisnisnya daripada dibelikan properti. Artinya, masih banyak pelaku usaha yang merasa nyaman dengan menyewa tempat usaha, atau rumah toko.

Namun di lain sisi, keduanya tetap memiliki keuntungan dan kekurangannya masing-masing. Tapi jika Anda memiliki properti, maka tentunya Anda akan mendapatkan manfaat aset di masa yang akan datang.

2. Pahami Hal Ini Jika Ingin Menyewanya

Anda harus mengetahui, bahwa menyewa ruko akan mengikat diri anda. Sewa akan mengikat Anda dalam hukum yang menetapkan kondisi maupun syarat perjanjian penyewaan. Mak dari itu, Anda tidak bisa pergi begitu saja dan meninggalkan penyewaan properti yang telah disepakati.

3. Menilai Dari Segi Kebebasan Bertindak

Memiliki rumah toko sendiri akan memberi Anda banyak kebebasan untuk bertindak. Namun, tidak demikian halnya ketika Anda menyewanya. Menyewa tempat usaha memiliki sejumlah keterbatasan. Jika membangunnya, Anda tidak perlu persetujuan tanah untuk melakukan hal apapun.

Membangunnya memberi Anda banyak kenyaman. Anda tidak akan lagi dihadapkan dengan ketidaknyamanan negosiasi maupun administrasi dengan tuan tanah. Termasuk berdebat tentang kebobrokan properti yang harus diklaim ketika Anda pindah.

 

Tips Menjatuhkan Pilihan Antara Membangun Atau Menyewa

Pada dasarnya, membangun atau menyewa kembali ke kemampuan masing-masing. Karena, keputusan tersebut pastinya tidak lepas dari permasalahan budgeting. Dilema ini biasanya terjadi pada pengusaha yang memiliki modal terbatas. Yaitu mereka yang sanggup membangun ruko, tapi tidak ada modal untuk usaha. Atau sebaliknya, ada modal untuk usaha, tapi tidak punya modal untuk tempat.

Dilema tersebut membuahkan pilihan antara membangun atau menyewanya. Semua kembali kepada kebutuhan masing-masing. Jika Anda tipe orang yang ingin menjalankan usaha dulu, maka menyewanya adalah pilihan tepat. Tapi jika Anda lebih mengutamakan kenyamanan, membangunnya bisa menjadi pilihan terbaik.

Demikian penjelasan tentang permasalahan seputar pilihan membangun atau menyewa ruko? Sebelum menjatuhkan pilihan, ketahui beberapa aspek terlebih dahulu. Di atas kami telah merangkumnya untuk Anda. Terkait permasalahan rumah toko atau properti, jika Anda ingin membeli properti, atau memilih sewa per tahun, Anda bisa menemukannya di situs GrahaRumah.com. Di sana terdapat banyak tempat-tempat usaha terbaik. Anda bisa menemukan tempat yang sesuai dengan keinginan Anda.