Punya Ruko di Tempat Strategis: Disewakan atau Dijual?

Date created 14.01.2020 10:37:02

Punya Ruko di Tempat Strategis: Disewakan atau Dijual?

Keuntungan Menyewakan dan Menjual Ruko

Rumah Toko atau ruko adalah sebuah bangunan usaha. Fungsinya tergolong unik. Karena, bangunan ini bisa dijadikan tempat tinggal, bisa juga dijadikan sebagai tempat usaha. Keduanya bisa dilakukan secara bersamaan. Itulah yang menjadi salah satu keuntungan rumah toko.

Bagi sebagian orang yang memiliki tempat strategis, mendirikan rumah toko bisa dijadikan sebagai investasi. Suatu waktu, ruko bisa dijual kembali dengan harga yang tinggi, atau disewakannya.

Tapi, bagi sebagian orang, dilema antara menjual dan menyewakan kerap terjadi. Karena, keduanya memerlukan pertimbangan matang sebelum menjatuhkan pilihan.

 

Keuntungan Menjual dan Menyewakan Rumah Toko

Sebelum memutuskan memilih untuk menjual atau menyewakannya, ada hal yang harus Anda ketahui. Karena, masing-masing punya efek positif dan efek negatif. Maka dari itu, pertimbangkanlah secara matang.

Pertama-tama, mari kita bahas apa saja keuntungan menjual atau menyewakan rumah toko. Berikut ulasannya:

1. Keuntungan Menjual Rumah Toko

Baik dengan membangun rumah toko sendiri, atau membelinya dari pihak lain, menjualnya akan memberi banyak benefit. Anda bisa menjualnya dengan harga yang lebih tinggi. Namun, semua kembali kepada keputusan dan pandangan bisnis Anda.

Jika ingin mendapatkan keuntungan berkali lipat, Anda harus menerapkan beberapa strategi. Pertama Anda bisa menjualnya tahun depan, atau beberapa tahun lagi menunggu harganya naik. Atau, menjualnya kepada pihak yang benar-benar sedang membutuhkan.

2. Keuntungan Menyewakan Rumah Toko

Keuntungan yang didapat dari menyewakan mungkin tidak sebesar menjual. Penyewaan memiliki keuntungan investasi kecil namun jangka panjang. Meski demikian, penyewaan rumah toko termasuk ke dalam investasi yang cepat dalam pengembalian modal. Pasalnya, rumah toko memiliki peminat yang tinggi, sehingga harganya pun tergolong bagus.

Rata-rata penyewaan dilakukan 2 hingga 3 tahun. Hampir tidak ada pelaku usaha yang menyewa rumah toko dalam jangka 1 tahun. Karena, durasi 1 tahun tidak akan mendapatkan pengembalian modal usaha bagi mereka.

 

 

Tips Sebelum Menjatuhkan Pilihan

Sebelum Anda memilih menjual atau menyewa, pastikan Anda mengetahui tips berikut ini:

* Menjualnya berarti melepas aset investasi Anda. Jadi, pertimbangkanlah apakah keputusan tersebut sudah tepat.

* Menyewakan rumah toko menjadi investasi jangka panjang yang menguntungkan.

* Dengan menyewakannya, Anda masih memilikinya sebagai hak aset usaha.

* Menjual rumah toko mendapatkan keuntungan yang jauh lebih besar, dan lebih cepat dalam pengembalian modal.

* Menyewakan rumah toko memiliki kemungkinan suatu waktu bangunan tersebut bisa Anda pergunakan sendiri.

 

Nah, melalui poin-poin di atas, sedikitnya Anda akan mendapatkan gambaran ingin menjual atau menyewakannya.

Memilih menyewakan, bisa menjadi pilihan yang tepat. Karena akan disayangkan jika Anda menjual tempat usaha di tempat strategis. Akan tetapi, semua kembali kepada keputusan Anda. Jika Anda membutuhkan dana langsung, menjualnya bisa menjadi pilihan terbaik.

Menjual rumah toko pun memberi peluang lain bagi Anda. Yakni, peluang mendapatkan tempat usaha lain. Dengan begitu, Anda akan berfokus pada jual beli properti dengan keuntungan yang fantastis. Setelah itu, Anda membelinya kembali di tempat lain.

 

Kesimpulan

Menyewakan maupun menjual tempat usaha memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Jika berniat menggeluti usaha jual beli properti, seberapa strategis pun tempat tersebut tentu akan dijual. Namun lain halnya bagi mereka yang ingin berinvestasi jangka panjang.

Nah, itulah beberapa tips seputar pilihan menjual atau menyewakan ruko. Jika Anda sedang mencari properti dijual, maupun disewakan, Anda bisa mengunjungi GrahaRumah.com. Di sana Anda bisa menemukan berbagai tipe properti lengkap dengan rentang harganya.