Perhatikan 5 Hal Ini Sebelum Membeli Ruko

Date created 14.01.2020 10:49:56

Perhatikan 5 Hal Ini Sebelum Membeli Ruko

Tips Sebelum Membeli Ruko

Rumah toko atau ruko adalah jenis properti yang banyak diminati. Selain sebagai tempat tinggal, properti ini bisa juga digunakan sebagai tempat usaha. Properti ini banyak digunakan juga sebagai tempat sewa ruang kantor di perkotaan. Juga dijadikan sebagai tempat aktivitas bisnis yang langsung berhubungan dengan konsumen.

Rumah toko banyak diminati juga sebagai pilihan instrumen investasi. Pasalnya, peminat properti ini terbilang tinggi. Baik membangunnya sendiri atau membelinya, properti ini akan sangat potensial sebagai instrumen investasi.

Bagi Anda yang akan membelinya, jangan tergesa-gesa dalam menjatuhkan pilihan. Simak tips berikut agar tidak salah memilih rumah toko.

 

1. Pilih Tempat yang Strategis

Rumah toko akan hidup sebagai tempat usaha, jika dibangun di tempat yang strategis. Dengan begitu, bisnis apapun akan berjalan lancar. Namun sebaliknya, jika dibangun di tempat yang kurang strategis, maka bisnis akan sulit berjalan.

Tempat yang strategis dapat meningkatkan peluang keuntungan. Rumah toko bisa digunakan sebagai tempat berbagai jenis usaha. Cocok juga untuk investasi karena akan banyak peminatnya. Begitu juga jika dijual kembali.

Kesimpulannya, lokasi akan menentukan harga jual, sewa, maupun beli rumah toko Anda. Semakin bagus lokasinya, maka akan semakin bagus juga harganya.

2. Legalitas Rumah Toko

Poin selanjutnya yang tak kalah penting adalah legalitas rumah toko. Terkait hal ini, jika Anda kurang paham, bisa ditemani oleh seorang ahli. Cek keabsahan bangunan agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan di kemudian hari.

Legalitas bangunan atau properti akan meminimalisir terjadinya sengketa. Dengan begitu, Anda akan nyaman menempatinya, menyewakan, maupun menjualnya kembali.

3. Riset Harga

Sebelum membelinya, lakukanlah riset harga terlebih dahulu. Pelajari harga rumah toko yang ditawarkan penjual. Apakah harga tersebut wajar atau tidak. Untuk mengetahuinya, Anda bisa melakukan riset terlebih dahulu. Riset bisa dilakukan di sekitar kawasan properti yang akan Anda beli.

 

 

4. Keamanan Lingkungan

Jangan asal memilih! Selalu perhatikan lingkungan sekitar. Apakah lingkungannya terjamin, atau aman dari tindak kejahatan? Hal ini tidak hanya menyangkut keselamatan penghuni. Selain itu, tempat yang dirasa kurang aman, suatu waktu akan menurunkan nilai jual maupun sewanya.

Agar tidak mengalami kerugian, sebaiknya Anda tinjau terlebih dahulu lokasinya. Tanyalah pada orang-orang sekitar, atau pada orang yang mengetahui seluk beluk daerah tersebut.

5. Rumah Toko Berdiri di Dalam Perumahan

Saat ini ada cukup banyak rumah toko yang berdiri di sebuah perumahan. Beberapa developer telah menawarkannya di berbagai daerah. Pembelian rumah toko di dalam perumahan mampu meningkatkan potensi keuntungan bisnis. Terlebih jika perumahan tersebut memiliki banyak sekali penghuni.

Developer yang membuat perumahan dengan konsep terpadu, umumnya menempatkan apartemen, dan rumah toko, selain rumah. Di tempat ini Anda bisa membeli sebuah rumah toko sebagai hunian sekaligus tempat usaha.

 

Kesimpulan

Rumah toko sejatinya difungsikan untuk usaha, dan sisanya sebagai hunian. Intinya, properti ini condong sebagai tempat usaha dibandingkan hunian. Jadi, jika ingin bisnis Anda menguntungkan, maka jangan asal memilih. Selain itu, memilih rumah toko yang tepat pun akan meningkatkan potensi investasi Anda semakin lebih baik.

Nah, itulah penjelasan seputar tips membeli ruko. Jika Anda sedang mencari properti dijual atau disewakan, carilah di sini GrahaRumah.com. Situs tersebut dapat membantu Anda mencari berbagai tipe properti. Selain itu, Anda bisa mencari secara spesifik mulai dari rentang harga, luas, jumlah kamar, dan lainnya.