Masih Lajang? Sewa atau Beli Rumah Ya?

Date created 09.07.2020 13:00:45

Masih Lajang? Sewa atau Beli Rumah Ya?

Sewa Versus Beli Rumah Bagi Anda yang Masih Lajang!

Anda yang masih lajang, kira-kira lebih baik mana beli atau sewa rumah ya? Bagi Anda yang masih kurang secara finansial sebaiknya Anda bisa menyewa tempat tinggal sesuai kebutuhan Anda.

Namun, bagi Anda yang sudah mapan secara keuangan meskipun masih lajang, membeli hunian merupakan pilihan yang tepat sebagai investasi aset berharga Anda! Selain kondisi keuangan tersebut, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan untuk memutuskan membeli atau menyewa tempat hunian selama masih lajang.

 

Kelebihan dan Kekurangan Membeli Hunian Selama Masih Lajang

1. Sebagai Aset untuk Investasi Masa Depan

Sebagian besar dari Anda mungkin baru akan memikirkan membeli tempat hunian menjelang atau bahkan sesudah menikah. Padahal, membeli tempat hunian ketika masih lajang adalah pilihan yang tepat. Pasalnya, selain kebutuhan tempat tinggal, hunian tersebut juga bisa dijadikan sebagai aset untuk investasi di masa depan.

 

Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan keuntungan dari peningkatan harga hunian yang dari tahun ke tahun cenderung selalu meningkat.

 

2. Mempunyai Hak Milik Hunian

Dibandingkan dengan menyewa tempat hunian, membeli tempat tinggal jauh lebih menguntungkan terutama apabila Anda membeli hunian dengan sistem angsuran sesuai dengan penghasilan Anda.

Pasalnya dengan biaya angsuran yang relatif kecil Anda sudah bisa mendapatkan sertifikat hak milik untuk hunian Anda.

 

3. Susah Mengajukan KPR

Salah satu kendala membeli tempat hunian selama masih lajang adalah kesulitan mengajukan KPR. Pasalnya, salah satu syarat pengajuan pembelian dengan sistem pembayaran tersebut Anda harus mempunyai tanda bukti penghasilan tetap dari perusahaan Anda bekerja atau tempat usaha Anda.

Jadi meskipun Anda masih lajang, pastikan pihak pemberi persetujuan KPR percaya bahwa Anda bisa membayar angsuran KPR tersebut. Selain itu, pastikan kondisi keuangan Anda tetap stabil agar bisa membayar cicilan pembelian hunian setiap bulannya.

 

 

Kelebihan dan Kekurangan Menyewa Hunian Ketika Lajang

 

1. Harga Sewa Lebih Murah

Bagi Anda yang masih lajang dan masih baru merintis karier dan belum mempunyai penghasilan tetap untuk membeli secara langsung atau bahkan membayar angsuran pembelian hunian, maka menyewa hunian adalah pilihan yang tepat bagi Anda.

Selain karena harga sewa tempat tinggal yang jauh lebih murah dan Anda bisa sesuaikan dengan kebutuhan Anda bisa sewa per bulan atau sewa per tahun. Anda juga tidak perlu mengeluarkan biaya lagi untuk perawatan sewa hunian Anda. Pasalnya, biaya perawatan hunian biasanya sudah ditanggung oleh pemilik hunian.

 

2. Lokasi Tempat Hunian Bisa Menyesuaikan dengan Tempat Kerja

Bagi Anda yang masih lajang dan sering berpindah-pindah tempat kerja, menyewa hunian adalah salah satu pilihan terbaik bagi Anda. Pasalnya, Anda bisa dengan mudah berpindah tempat tinggal dan memilih menyewa hunian yang tempatnya dengan tempat kerja Anda.

Selain itu, Anda juga dapat menghemat biaya transportasi, menyewa tempat hunian dekat dengan tempat kerja juga dapat menghemat waktu dan tenaga Anda.

 

3. Belum Bisa Berinvestasi Berupa Hunian

Sementara kekurangan dari menyewa hunian yaitu Anda belum bisa berinvestasi berupa hunian dan belum bisa memiliki tempat tinggal sendiri. Sehingga jika karier dan kondisi keuangan Anda sudah membaik sebaiknya segera pikirkan untuk membeli tempat hunian.

Nah, itulah beberapa kekurangan dan kelebihan antara membeli atau menyewa rumah selama masih lajang yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan dan kondisi keuangan Anda. Selain itu, jika Anda berniat untuk membeli properti dijual atau sekadar ingin mengetahui informasi terkait tips membeli hunian Anda bisa buka situs GrahaRumah.com.