Tips Wajib Sebelum Sewa Apartemen

Date created 23.05.2019 22:53:25

Perhatikan 5 Hal Berikut Sebelum Sewa Apartemen

 

GrahaRumah Tips Wajib Sebelum Sewa Apartemen

Tips yang Wajib Diperhatikan Sebelum Sewa Apartemen

Berbeda dengan menyewa sebuah kos-kosan ataupun kontrakan, sebelum Anda memutuskan untuk menyewa apartemen baik untuk sewa per tahun, sewa per bulan, sewa per minggu, atau bahkan sewa per hari Anda wajib menandatangani surat perjanjian kontrak sewa. 

Namun, sebelum Anda menandatangani kesepakatan terkait kontrak sewa, sebaiknya perhatikan tips berikut ini, untuk menghindari hal-hal yang bisa merugikan Anda. Apa saja? Berikut ulasannya:

  1. Pastikan Data Administrasi Terkait Sewa Sudah Benar

Hal pertama yang wajib Anda perhatikan sebelum menandatangani kontrak sewa yaitu pastikan data terkait data diri Anda, harga sewa,  lama sewa, dan lainnya terkait kontak sewa ini sudah benar.

Pastikan sebelum menyepakati sewa ini kedua belah pihak sudah mengerti dengan jelas dan telah menyetujui isi perjanjian kontrak. Hal ini untuk menghindari perselisihan di kemudian hari.

  1. Perhatikan Terkait Biaya Deposit Sewa dan Pengalihan Sewa

Hal yang paling penting yang wajib Anda perhatikan yaitu terkait biaya deposit sewa, sebaiknya Anda mengetahui dengan jelas terkait uang deposit dan kira-kira apa saja syarat pembayarannya.

Biasanya sebelum Anda menyewa dengan jangka yang lumayan lama, Anda diwajibkan membayar deposit sebagai jaminan minimal yaitu biaya sewa selama satu bulan.

Selain itu, Anda juga harus menanyakan terkait diperbolehkannya pengalihan sewa, sebagai jaga-jaga jika di kemudian hari Anda terpaksa harus melakukan pengalihan sewa.

  1. Masalah Kondisi Perawatan Unit

Hal lainnya yang perlu Anda perhatikan sebelum menyewa unit yaitu tanyakan terlebih dahulu kepada pemilik terkait masalah kondisi perawatan unit.

Misalnya saja, apakah boleh mengubah atau mendekorasi interior bangunan sesuai keinginan Anda atau bahkan pihak pemilik menginginkan kondisinya harus sesuai kondisi semula.

hal-hal semacam inilah terkait kondisi perawatan unit ini bisa menghindari perselisihan terkait permasalahan perawatan ini. Pasalnya, apabila hal terkait perawatan unit ini sudah dibicarakan dan telah menemui titik kesepakatan antara pihak penyewa dan pemilik. Maka bisa dipastikan Anda bisa lebih nyaman untuk menempati unit tersebut.

Tanyakan juga apakah ada biaya yang harus dibayarkan apabila ada barang seperti TV, pintu, dan perabot rumah lainnya apabila mengalami kerusakan.

GrahaRumah Tips Wajib Sewa Apartemen

  1. Konsekuensi Jika Keluar Sebelum Masa Sewa Selesai

Sebelum menyepakati perjanjian sewa kontrak ini sebaiknya tanyakan juga kepada penyewa mengenai konsekuensi yang harus diterima oleh penyewa jika keluar sebelum masa sewa jatuh tempo. Apakah dikenakan biaya pinalti atau ada keringanan dan lainnya.

  1. Pastikan Keseluruhan Biaya Sewa

Hal penting lainnya yang juga perlu diperhatikan yaitu pastikan keseluruhan rincian biaya sewa, apakah biaya sewa tersebut hanya biaya sewa bangunan saja atau sudah termasuk biaya fasilitas lainnya yang meliputi biaya pemeliharaan seperti biaya WiFi, biaya listrik, biaya air dan parkir dan lainnya.

  1. Waspadailah Konflik Terkait Penyewaan

Selanjutnya, Anda juga wajib mewaspadai terjadinya konflik, sehingga sebelum menyepakati perjanjian sewa bangunan ini, sebaiknya ditulis juga mengenai solusi terbaik apabila terjadi konflik tersebut atau apabila salah satu melanggar kesepakatan apa konsekuensi yang harus ditanggungnya.

Setelah Anda menyetujui kesepakatan antara kedua belah pihak terkait penyewaan, pastikan juga surat perjanjian sewa tersebut ditandatangani di atas materai.

Nah, itulah beberapa tips yang wajib Anda perhatikan sebelum menyepakati perjanjian sewa agar kedepannya Anda tidak menyesal. Selain itu, Anda juga bisa menyewa apartemen di graha rumah atau GrahaRumah.com untuk mendapatkan berbagai fasilitas dan kemudahan terkait penyewaan.