Tips Memilih Ruko untuk Usaha

Date created 28.05.2019 11:17:18

Tips Memilih Ruko Minimalis untuk Usaha

GrahaRumah Tips Memilih Ruko Usaha

Cara Memilih Ruko Minimalis Sesuai dengan Kebutuhan

Dalam membangun sebuah usaha, lokasi adalah salah satu faktor yang menentukan. Maka dari itu, sebelum melakukan eksekusi di bidang usaha, perhatikanlah lokasinya terlebih dahulu. Karena, keterjangkauan tempat bisnis menjadi penentu kesuksesan Anda. Begitu juga pada saat Anda akan memilih ruko minimalis.

Entah itu jenis ruko dengan harga sewa per bulan atau bahkan sewa per tahun, penting untuk memilih ruko yang tepat. Dan, berikut ini akan kami ulas cara memilih ruko yang tepat sebagai tempat usaha.

GrahaRumah Ruko untuk Usaha

1. Cara Menentukan Lokasi yang Tepat

Untuk bisa menentukan lokasi yang tepat, ada beberapa faktor yang harus Anda pertimbangkan sebagai berikut:

  • Memperhatikan tingkat kepadatan penduduk sekitar. Pilihlah tempat dengan wilayah pemukiman padat, karena berpengaruh pada target pemasaran.
  • Perhatikan besar pendapatan masyarakat di lokasi yang akan Anda pilih. Caranya dengan melihat kelas, baik itu menengah atau atas. Sebagai tips, penyewaan atau pembelian ruko harus terletak di daerah ibukota.
  • Penting untuk memperhatikan lingkungan ruko yang akan Anda pilih. Contohnya, membeli ruko untuk membuka jasa laundry di area sekitaran tempat kos.

2. Ketersediaan Area Parkir

Area parkir menjadi suatu faktor penentu pada ruko. Meski tidak besar, pilihlah ruko yang memiliki tempat parkir nyaman dan aman. Namun, usahakan juga jangan terlalu sempit. Terlebih jika bisnis Anda akan menghabiskan waktu pelanggan untuk membeli produk ataupun menggunakan layanan Anda.

3. Perhatikan Keamanan dan Kebersihan

Kawasan yang aman dan bersih menjadi faktor penentu kesuksesan bisnis Anda. Karena, pelanggan tidak akan mungkin berkunjung ke suatu tempat yang kotor dan tidak aman. Hindari pemilihan jenis ruko yang terdapat di tempat kumuh. Selain kebersihan, tingkatkan juga keamanan, salah satunya dengan memasang CCTV di area parkir.

Maka dari itu, sebelum menyewa atau membelinya, pastikan lokasinya cocok. Cari tahu juga tingkat frekuensi keamanan di tempat tersebut.

4. Penting! Perhatikan Izin Tanah dan Bangunan Sebelum Membeli

Mengurus izin bangunan maupun tanah sangat sulit sekali karena sistem birokrasi kita yang rumit. Akan membutuhkan waktu dan tenaga yang ekstra agar dapat menyelesaikannya. Misalnya, ruko yang Anda sewa didirikan pada tanah sengketa, tentu Anda akan berurusan dengan pemerintah. Maka dari itu, periksalah dokumen-dokumennya sebelum menyewa atau membeli.

5. Perhatikan Harga Sewa dan Waktu Sewa

Banyak orang mengira bahwa menyewa ruko di tempat strategis memerlukan biaya besar. Faktanya, banyak properti yang ditawarkan dengan harga terjangkau. Setelah menemukan tempat dan harga yang tepat, tentukanlah jangka waktu sewanya. Untuk sebuah ruko, biasanya ditawarkan dengan durasi waktu minimal untuk 3 tahun. Untuk satu tahun pertama, biasanya pembayaran akan dilakukan di muka.

6. Mengetahui Kesalahan-Kesalahan dalam Memilih Ruko

Selain tips memilih yang benar, Anda pun harus tahu kesalahan apa saja yang harus dihindari pada saat memilihnya. Kesalahan-kesalahan tersebut terbagi ke dalam beberapa poin sebagai berikut:

  • Tergiur dengan harga yang murah tanpa pengecekan
  • Fasilitas yang kurang mendukung
  • Jenis struktur bangunan yang salah
  • Kondisi luar ruko yang kurang baik

Nah, itulah beberapa tips dalam memilih sebuah ruko minimalis. Untuk Anda yang saat ini sedang mencari properti dijual atau disewakan, khususnya jenis ruko, Anda bisa melihatnya di GrahaRumah.com. Pencarian kini dipermudah dengan hadirnya situs tersebut. Tersedia berbagai jenis properti, atau ruko, dengan berbagai tipe.