Pilihan Hunian Hangat Bagi Para Perantau

Date created 07.06.2019 14:51:01

Rumah Susun, Pilihan Hunian Hangat Bagi Para Perantau

Rumah Susun, Pilihan Hunian Hangat Bagi Para Pendatang

Fenomena urbanisasi memang banyak terjadi di kota-kota besar di Indonesia. Salah satu hal yang menyebabkan hal ini terjadi adalah karena peluang kerja yang belum merata. Beberapa sanak saudara kita mungkin rela menjadi perantau yang tinggal di kota-kota besar untuk mendapatkan kesempatan kerja yang belum tersedia di kota asalnya. Menjadi perantau yang tinggal jauh dari sanak saudara tidaklah mudah. Tidak adanya teman yang bisa diajak berbincang menjadi salah satu faktor seseorang merasa kesepian ketika jauh dari rumah dan keluarga. Bagi Anda perantau yang tinggal jauh dari rumah dan keluarga, kiranya rusun bisa menjadi alternatif hunian yang menawarkan kehangatan rumah untuk Anda. Ada beberapa alasan mengapa rumah susun bisa menjadi pilihan hunian yang hangat untuk para perantau. Berikut penjelasan selengkapnya.

1. Tersedia Fasilitas Bersama

Hal pertama yang menjadikan rusun sebagai tempat tinggal yang hangat dan bisa menjadi media interaksi antar penghuninya adalah ketersediaan fasilitas bersama. Fasilitas bersama ini bisa berbentuk ruang pertemuan, fasilitas rekreasi seperti taman, maupun fasilitas olahraga komunal. Keberadaan ruang-ruang komunal tersebut tentu bisa memicu interaksi sosial yang baik, terutama bagi Anda para pendatang. Menjalin komunikasi melalui interaksi sosial bisa membantu Anda untuk mendapatkan teman untuk berbincang atau sekedar bertegur sapa. Hal ini tentu cukup membantu ketika Anda tidak memiliki relasi saat hidup dan tinggal di kota besar.

2. Kegiatan Bersama Warga

Secara kultural, masyarakat Indonesia termasuk ke dalam golongan masyarakat super sosial. Di mana masyarakat kita menyukai interaksi sosial yang mencerminkan kebersamaan. Tercermin pada budaya gotong-royong yang sudah sedari lama dianut oleh nenek moyang kita, sesungguhnya kita pun memiliki kecenderungan sosial yang sama. Oleh karena itu, tinggal di rusun sekiranya dapat membantu Anda untuk memiliki kegiatan bersama yang memupuk rasa solidaritas dan gotong-royong Anda dengan penghuni rusun yang lain. Ketika kegiatan bersama tersebut terjadi, maka Anda bisa menjalin komunikasi yang baik dengan tetangga-tetangga Anda. Hal ini tentu memudahkan Anda secara emosional ketika Anda mengalami stres dengan pekerjaan atau sedang mengalami cobaan hidup yang berat.

3.Keahlian Sosial Meningkat

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bentuk bangunan rusun yang dihubungkan dengan fasilitas komunal membuat interaksi antar warga rusun bisa terjadi. Hal ini dapat memfasilitasi terselenggaranya kegiatan-kegiatan bersama yang positif. Selain dukungan emosional yang Anda dapatkan dari kedua aspek yang disebutkan sebelum ini, Anda bisa mengasah keahlian interaksi sosial Anda dengan penghuni lain melalui kegiatan bersama atau sekedar berbincang sejenak. Keahlian bersosialisasi menjadi keahlian yang sangat dibutuhkan utamanya ketika Anda bekerja. Apabila Anda mampu menguasai keahlian komunikasi dan interaksi yang baik, hal ini bisa jadi akan berpengaruh terhadap karier Anda ke depan. Untuk itu, mengasah keahlian bersosialisasi menjadi penting untuk dilakukan.

Begitulah kiranya tiga keutamaan yang bisa disampaikan apabila Anda memilih rusun sebagai pilihan hunian Anda. Apabila Anda suka berinteraksi dengan orang lain dan mau mengasah kemampuan interaksi sosial Anda, maka rumah susun bisa menjadi alternatif hunian yang tepat untuk pribadi Anda.

Jika Anda tertarik untuk mendapatkan info lebih lanjut mengenai rusun, Anda bisa mengakses GrahaRumah.com. Website tersebut menyediakan beragam pilihan tempat tinggal yang sesuai dengan preferensi Anda. Anda juga bisa memilih hunian berdasarkan lama waktu sewa. Mungkin Anda membutuhkan hunian dengan waktu sewa per minggu, sewa per bulan, bahkan sewa per tahun. Anda bisa menambahkan preferensi tersebut pada kolom opsi tambahan.