Mau KPR Rumah? Berapa Besaran Bunganya?

Date created 11.06.2019 10:30:16

Mau KPR Rumah? Berapa Sih Besaran Bunganya?

Ini Dia Informasi Besaran Bunga KPR Rumah Terkini!

 

Dewasa ini, tentu bagi Anda yang memiliki keluarga kecil dengan kemampuan finansial cukup, membeli tempat tinggal idaman tentu bagai mimpi di siang bolong. Terkadang mengandalkan tabungan untuk membeli hunian idaman sangat sulit. Bukan karena malas menabung, tapi karena kebutuhan hidup yang semakin kompleks dan luasan tanah bangun yang semakin sempit. Dua hal tersebut kiranya yang cukup menyulitkan para pasangan muda untuk mendapatkan hunian impiannya. Menengok kesulitan tersebut, beberapa bank menyediakan produk KPR bagi Anda yang belum bisa menyisihkan gaji untuk menabung guna membangun tempat tinggal. Proses pengajuan KPR rumah pun tergolong mudah, Anda hanya diminta untuk memenuhi dokumen tertentu kemudian menjalani wawancara untuk mendapatkan KPR. Namun, satu hal yang perlu diwaspadai saat memilih bank sebagai kredit adalah besaran bunga yang ditawarkan. Berikut informasi mengenai besaran bunga KPR dari beberapa bank yang ada di Indonesia.

 

 

1. Bank Central Asia (BCA)

Bank BCA menyediakan produk finansial berupa KPR dengan ketentuan bunga sekitar 8 hingga 9% bergantung pada tenor yang diambil. Untuk menghitung jumlah bunga tersebut secara eksak, Anda bisa menggunakan kalkulator khusus yang ada di internet agar memudahkan. Suku bunga 8-9% berlaku untuk tenor kurang lebih 1 hingga 5 tahun.

2. Bank Rakyat Indonesia (BRI)

Bank Rakyat Indonesia menyediakan produk finansial untuk KPR dengan besaran bunga tetap sebesar 5 hingga 7 persen dengan tenor dua hingga lima tahun. Dengan suku bunga stabil sekitar sebelas koma tujuh puluh lima persen. Bunga yang diajukan oleh BRI agaknya sedikit lebih tinggi dibandingkan dengan BCA.

3. Bank Negara Indonesia (BNI)

Sama halnya dengan Bank Central Asia dan Bank Rakyat Indonesia, Bank Negara Indonesia atau BNI pun mengeluarkan produk finansial berupa KPR untuk menjawab kesulitan nasabah yang ingin mendapatkan hunian impian dengan mudah. Bunga yang ditawarkan oleh BNI cukup spesial yakni di angka 6,75% untuk bunga tetap selama lima tahun dengan rincian sebagai berikut. Selama dua tahun pertama setelah itu, nasabah akan dikenakan bunga sebesar 7,75% untuk bunga tetap dan tiga tahun berikutnya.

4. Bank Tabungan Negara (BTN)

Selain ketiga bank di atas, Bank BTN pun termasuk salah satu yang memberikan fasilitas finansial berupa KPR untuk keluarga muda. BTN mematok suku bunga sebesar 8,8% untuk dua tahun pertama dan tiga tahun selanjutnya. Setelah itu, dua tahun setelah itu nasabah akan dikenakan nilai bunga lebih tinggi 0,69% dibandingkan sebelumnya yaitu sekitar 9,49%.

5. Bank Mandiri

Bank lain selain keempat bank di atas yang memberikan produk finansial berupa KPR untuk nasabah adalah Bank Mandiri. Panjang tenor yang ditawarkan oleh Bank Mandiri pin termasuk lebih panjang dibandingkan dengan yang lainnya, yaitu sekitar 15 tahun. Dengan pembagian suku bunga 7,99% pada lima tahun pertama, 8,99% pada lima tahun kedua, dan 9,15% pada lima tahun ketiga.

 

Begitulah kiranya informasi singkat mengenai besaran bunga Kredit Pemilikan Rumah yang diusulkan oleh masing-masing bank. Tentunya sebelum memutuskan untuk membeli hunian, Anda sebaiknya membuat riset yang matang terlebih dahulu mengenai hunian mana yang akan menjadi target KPR Anda. Untuk itu, Anda bisa melakukan riset Anda dengan lebih mudah melalui GrahaRumah.com. Graharumah.com siap membantu Anda menemukan properti dijual dengan preferensi yang Anda inginkan sebagai hunian impian.