Ini Langkah Mengajukan KPR Rumah!

Date created 11.06.2019 10:39:49

Ini Langkah Mengajukan KPR Rumah!

Langkah-langkah Pengajuan KPR Rumah yang Perlu Dicermati

 

Kebutuhan primer manusia memang terdiri dari tiga hal yaitu, sandang, pangan, dan papan. Agaknya dua hal dari ketiga kebutuhan yang disebutkan itu lebih mudah dipenuhi dibandingkan dengan satu hal lainnya, yaitu papan. Dewasa ini, membeli hunian tidak semudah menjentikkan kedua jari. Perlu pemikiran dan usaha yang mantap untuk memenuhi kebutuhan primer tersebut. Untuk warga perkotaan utamanya, membeli hunian idaman tentu terasa lebih sulit karena lahan yang semakin sempit. Fenomena itu berdampak pada harga tanah bangun yang semakin membumbung tinggi.

Oleh karenanya beberapa bank yang ada di Indonesia mengeluarkan produk finansial untuk mengatasi permasalahan tersebut. Salah satu produk finansial yang ditawarkan adalah KPR. Idealnya, KPR dimaksudkan untuk pinjaman dana yang diperuntukkan khusus untuk nasabah melakukan pembelian hunian sesuai dengan keinginannya. Namun, tahukah Anda bagaimana cara mengajukan KPR rumah? Berikut informasi selengkapnya!

 

Lakukan Riset Dan Perhitungan Yang Mantap Terlebih Dahulu

Langkah awal ketika Anda ingin mengajukan KPR kepada bank adalah Anda harus melakukan penghitungan dan riset. Hal ini dimaksudkan agar informasi yang Anda dapatkan cukup sebagai bahan pertimbangan untuk memilih kreditur yang tepat sesuai dengan kebutuhan dan preferensi finansial Anda. Riset pertama yang bisa Anda lakukan adalah riset mengena syarat-syarat dokumen untuk pengajuan KPR. Setelah itu, Anda bisa melakukan riset mengenai tahapan-tahapan yang dilakukan bank sebelum menyetujui pengajuan KPR yang Anda ajukan. Setelah itu, Anda juga perlu mempertimbangkan dan menghitung dengan cermat bunga yang harus Anda bayar ketika pengajuan KPR Anda disetujui oleh pihak bank.

 

Cari Info Tempat Tinggal Sesuai Dengan Budget Dan Keinginan

Langkah selanjutnya setelah melakukan riset dokumen, tahapan pengajuan dan perbandingan bunga KPR yang dikenakan, Anda harus mencari informasi mengenai tipe hunian yang ingin Anda jadikan tempat tinggal. Tipe hunian ini pun berapa, ada apartemen, rumah, condotel, rusun, dan lain sebagainya. Selain menentukan tipe hunian yang sesuai dengan kebutuhan bangunan keluarga Anda, ada baiknya Anda sekaligus mencari informasi mengenai harga properti tersebut sekalian. Hal ini digunakan sebagai acuan analisa budgeting finansial. Apakah tipe hunian tersebut sesuai dengan budget KPR yang Anda ajukan atau belum. Untuk melakukan ini Anda bisa menggunakan search engine atau website khusus yang tersedia di internet.

 

Ajukan KPR Ke Bank Yang Anda Pilih

Setelah melakukan tahapan sebelumnya, yaitu melakukan riset dokumen, perhitungan budget dan mengumpulkan informasi mengenai harga dan tipe hunian yang diinginkan. Anda bisa melangkah ke tahapan ketiga yaitu pengajuan KPR ke bank yang dipilih. Pemilihan bank sebagai kreditur KPR tentu sudah melalui proses riset terlebih dahulu sehingga Anda telah mempertimbangkan dengan masak korelasi antara kemampuan finansial dengan cicilan hutang yang akan terbeban. Setelah itu, Anda bisa membawa dokumen-dokumen yang telah Anda siapkan menuju bank yang Anda pilih. Petugas bank akan membantu Anda untuk memproses pengajuan KPR hingga selesai.

 

Begitulah sekiranya tiga tahapan general yang bisa disampaikan apabila Anda ingin mengajukan KPR untuk mendapatkan hunian impian. Dari ketiga tahapan tersebut, Anda bisa menggunakan link GrahaRumah.com sebagai acuan platform riset untuk tahapan kedua. Website tersebut menyediakan berbagai informasi mengenai hunian dijual atau disewakan dengan sistem sewa per tahun, sewa per bulan, sewa per minggu bahkan sewa per hari.