5 Tips Agar Lolos KPR

Date created 11.06.2019 14:12:41

Jitu! Ini 5 Tips Agar Lolos KPR Rumah!

Tips Penting Agar Lolos Mengajukan KPR Rumah

 

Rumah telah menjadi kebutuhan primer manusia sejak dahulu kala bersandingan dengan sandang dan pangan. Sayang sekali, dewasa ini, pemenuhan kebutuhan primer tersebut terasa semakin sulit, terutama bagi penduduk wilayah perkotaan yang padat. Mendapatkan ruang untuk membangun hunian di tengah kota tentu sulit dan mahal. Oleh karenanya, tidak semua orang bisa memenuhi kebutuhan primernya berupa papan atau tempat tinggal. Hal ini tentu memprihatinkan. Apabila Anda memiliki keinginan untuk memiliki tempat tinggal yang nyaman sesuai dengan keinginan Anda, namun Anda belum sempat menyisihkan uang untuk membelinya. KPR bisa menjadi solusi tepat untuk keinginan Anda.

KPR merupakan produk finansial yang dikeluarkan oleh kreditur untuk memecahkan masalah dana bagi para nasabahnya yang kesulitan mendapatkan pinjaman untuk membeli hunian. Namun, perlu Anda ketahui bahwa melakukan pengajuan KPR tidak bisa sembarangan. Jika Anda ingin pengajuan KPR Anda disetujui oleh bank, berikut tips yang bisa Anda terapkan!

 

1. Ajukan KPR Saat Usia Produktif

Tips pertama yang bisa Anda praktikkan ketika mengajukan KPR adalah waktu pengajuan yang dipilih adalah ketika Anda masih masuk ke dalam golongan usia produktif, yang mana hal ini akan menambah sekuritas Anda saat melakukan pengajuan karena bank akan yakin Anda bisa terus bekerja untuk memenuhi tanggungan Anda ketika KPR disetujui.

 

2. Lengkapi Syarat Dokumen Dengan Cermat

Tips kedua yang bisa Anda terapkan adalah melengkapi syarat dokumen pengajuan dengan cermat dan teliti. Jangan sampai syarat dokumen tertinggal atau kurang pada saat Anda melakukan pengajuan. Hal ini bisa jadi menghambat proses penyetujuan KPR Anda karena Anda menunjukkan sikap kurang bertanggung jawab.

 

3. Miliki Catatan Kredit Yang Baik

Langkah ketiga yang harus Anda lakukan adalah memastikan bahwa catatan kredit Anda baik. Baik dalam hal ini adalah tanggungan hutang Anda tidak melebihi standar persentase hutang yang aman menurut bank, yaitu sekitar 30%. Apabila sebelumnya Anda sudah memiliki tanggungan hutang sebesar 30% sebelum mengajukan KPR maka lunasi terlebih dahulu sebagian hutang Anda.

 

4. Pastikan Penghasilan Di Atas UMR

Tips keempat setelah mengajukan KPR saat usia produktif, melengkapi syarat dokumen dengan cermat dan memastikan catatan kredit Anda baik adalah memastikan penghasilan Anda di atas UMR. Hal ini berguna agar bank percaya bahwa Anda bisa membayar cicilan sekaligus memenuhi kebutuhan Anda per bulan tanpa macet.

 

5. Bayar Jumlah DP Yang Ditentukan

Tips yang kelima adalah membayar jumlah DP yang diminta oleh pihak bank. Perlu Anda ketahui, untuk tips kelima ini fleksibel untuk dilakukan karena beberapa bank bahkan tidak meminta DP saat Anda melakukan pengajuan KPR. Oleh karenanya, untuk melaksanakan tips yang kelima ini, Anda harus mengecek syarat pengajuan KPR yang Anda pilih terlebih dahulu. Apabila tidak ada ketentuan untuk membayar DP, maka Anda tidak perlu membayar sama sekali.

 

Terapkan kelima tips tersebut di atas dengan baik agar pengajuan KPR Anda mudah diloloskan sehingga rumah idaman Anda akan segera menjadi milik Anda. Untuk informasi mengena tipe hunian dan berapa budget yang dibutuhkan untuk membeli hunian idaman Anda, Anda bisa membuka tautan website berikut GrahaRumah.com. Website tersebut menyediakan beragam informasi mengenai tipe hunian dijual di area Anda. Selain itu, Anda juga bisa memperoleh informasi mengena properti yang disewakan dengan sistem sewa per minggu, sewa per bulan, sewa per tahun bahkan sewa per hari.