Memanfaatkan Lantai Atas untuk Bisnis Kamar Kos

Date created 12.06.2019 15:23:01

Memanfaatkan Lantai Atas untuk Bisnis Kamar Kos

Dapatkah Lantai Atas Digunakan untuk Kamar Kos?

Apakah Anda memiliki lantai atas yang tidak terpakai? Daripada dibiarkan begitu saja, ada baiknya untuk mengubah lantai tersebut menjadi kamar kos. Anda akan mendapatkan passive income tanpa batas.

Tentunya, Anda harus mendesain ulang kamar di lantai atas. Untuk menarik minat penyewa, beri fasilitas lengkap. Pastikan pula melengkapi kamar tidur dengan fasilitas standar. Suasana yang nyaman dan harga yang bersahabat pun wajib Anda jadikan sebagai pertimbangan.

Bisnis kos-kosan semakin digandrungi lantaran menawarkan keuntungan yang menggiurkan. Tak hanya itu saja, Anda pun dapat mengatur pemasukan sesuai kebutuhan. Misalnya, dengan menerapkan sistem sewa pendek, yakni sewa per hari atau sewa per minggu.

Jika Anda ingin pendapatan lebih stabil, Anda dapat menerapkan sistem sewa menengah dan panjang, yakni sewa per bulan atau sewa per tahun. Singkatnya, hanya dengan memanfaatkan lantai atas, Anda berpotensi mendapatkan pemasukan besar.

Kendati demikian, Anda perlu ingat bahwa bisnis kos-kosan pun memiliki risiko. Namun, risiko ini dapat diminimalisasi asalkan Anda membuat pengaturan yang tepat. Mulai dari masalah uang sewa, fasilitas umum yang tersedia, jam malam dan kunjungan, hingga aturan lainnya.

Dengan aturan tersebut, keamanan kos lebih terjaga sehingga membuat penghuni lebih nyaman dan terhindar dari rasa was-was. Alhasil, kos Anda pun akan menjadi incaran para penyewa.

Ini Alasan Mengapa Anda Harus Memanfaatkan Lantai Atas untuk Kos

Selain menawarkan pendapatan yang tak sedikit dan kontinu, Anda pun akan mendapatkan sejumlah manfaat lain ketika menyulap lantai atas sebagai kos-kosan. Adapun manfaat tersebut, antara lain sebagai berikut.

 

Tidak Repot Membersihkan Rumah

Ini adalah manfaat yang pertama apabila Anda menjadikan lantai atas sebagai kos. Biasanya, penyewa kos bertanggung jawab atas kebersihan kamarnya sendiri. Kecuali, jika Anda menyediakan fasilitas kebersihan.

Jika tidak, maka penyewa yang memiliki tanggung jawab tersebut. Dengan adanya penyewa, Anda tak perlu khawatir mengenai kebersihan rumah. Sebagai pemilik, Anda berhak menegur penyewa yang tidak menjaga kebersihan kamar dan lingkungan kos.

 

Ada Teman

Salah satu alasan mengapa banyak orang memanfaatkan lantai atas sebagai kos-kosan adalah untuk mencari teman. Rumah besar yang ditinggali sendiri atau keluarga kecil tentu terasa sepi. Namun, dengan keberadaan penyewa kos, Anda tak lagi merasa sendiri.

Anda dapat berbincang dengan para penyewa. Bahkan bersenda gurau. Namun, sebelum hal ini terjadi, Anda harus memastikan hubungan dengan penyewa sangat baik. Caranya pun mudah, jadilah pemilik kos yang ramah, baik, dan bersahabat. Dijamin, para penyewa akan merasa nyaman.

 

Suasana Tidak Sepi

Dengan adanya penyewa kos, kondisi rumah yang semual sepi akan berubah menjadi ramai. Jika lantai atas menyatu dengan lantai bawah yang merupakan tempat tinggal Anda, maka Anda bisa mendapatkan suasana kekeluargaan.

Sementara jika lantai satu dan dua terpisah dengan tangga di luar ruangan, Anda pun tetap dapat berkomunikasi dengan penyewa. Misalnya, dengan mengadakan acara rutin setiap minggu. Selain mencairkan suasana, hal ini bagus untuk menjalin pertemanan dengan para penyewa.

 

Menambah Teman

Jika ada orang yang menyewa lantai atas rumah Anda untuk kos, terima saja. Selain mendapatkan uang tambahan, Anda pun akan mendapatkan teman baru. Tak hanya itu saja, ketika Anda mengalami kesulitan, Anda pun dapat meminta bantuan penyewa kos.

 

Demikianlah informasi mengenai manfaat mengubah lantai atas menjadi kamar kos. Jika Anda tertarik dan berminat mencari properti dijual untuk disewakan, maka kunjungi GrahaRumah.com. Temukan berbagai penawaran properti terbaik dengan harga bersahabat.