Jenis-Jenis Ruang Event

Date created 25.06.2019 10:08:33

Jenis-Jenis Ruang Event Berdasarkan Konsep Penataan Ruangan

 

5 Jenis Ruang Event Berdasarkan Konsep Penataan Ruangan

Ruang event yaitu suatu ruangan yang biasanya dijadikan sebagai tempat untuk pertunjukan. Sementara beberapa pertunjukan tersebut biasanya merupakan acara besar yang jumlah kapasitas pengunjungnya juga sangat besar.

Biasanya ruangan tersebut digunakan sebagai pertunjukan untuk acara pameran, konser, dan lainnya.

Sementara itu, ada beberapa jenis ruangan event yang dibedakan berdasarkan konsep penataan ruangan yang disesuaikan dengan kebutuhan event, diantaranya yaitu:

 

Konsep Ruangan yang Berhadapan

Konsep ruangan berhadapan antara penonton dan pengunjung ini yang paling umum digunakan dalam suatu event. Penataan ruangan event ini dibagi jadi dua yang pertama dijadikan panggung utama, sementara ruangan sisanya untuk pengunjung.

Jadi panggung utamanya digunakan sebagai tempat untuk pementasan. Sedangkan sisanya, auditorium untuk tempat pengunjung.

Sehingga pada konsep penataan ruangan ini ruangan untuk panggung jauh lebih kecil ketimbang tempat untuk penonton yang jauh lebih luas.

Selain panggung dan auditorium, biasanya juga disediakan ruangan pendukung lainnya baik untuk kepentingan pertunjukan maupun untuk pengunjung.

Ruangan penunjang yang biasanya disediakan untuk pengunjung biasanya berupa ruangan lobby, dan ruangan pembelian tiket, toilet, dan lainnya.

Sementara ruangan penunjang untuk pertunjukan meliputi ruangan latihan, ruangan ganti dan rias, ruang operasional panggung dan lainnya.

 

Konsep Ruangan Bentuk Segi Empat

Konsep ruangan event berbentuk segi empat ini biasanya menempatkan panggung di satu sisi segi empat, sementara tiga sisi yang lainnya dijadikan ruangan penonton atau pengunjung.

Sementara kekurangan dari konsep ruangan ini apabila dijadikan sebagai tempat pertunjukan atau konser yaitu penonton kurang dapat menikmati pertunjukan karena sudut pandang antara penonton dan panggung tidak lurus.

 

Konsep Ruangan Bentuk Kipas atau Lingkaran

Konsep penataan ruangan event berbentuk lingkaran ini sangat cocok untuk acara pertunjukan. Pasalnya panggung terletak fokus di tengah. Sementara tempat penonton berada melingkari panggung tersebut.

Kelebihan dari konsep penataan ruangan ini yaitu pandangan penonton bisa fokus ke tengah pertunjukan. Selain itu, dengan konsep penataan ruangan bentuk lingkaran ini dapat menampung penonton yang jumlahnya lumayan banyak.

 

Konsep Ruangan Tapal Kuda

Konsep penataan ruangan yang lain yang juga digunakan dalam suatu event besar yaitu konsep penataan ruangan tapal kuda. Pada konsep penataan ruangan tapal kuda ini sumber suara berada di tengah atau pusat ruangan yang terletak di bagian cekungan.

Sementara kekurangan dari konsep ruangan ini yaitu penonton yang ada di luar area cekungan tersebut, kurang bisa mendengar sumber suara.

 

 

Konsep Ruangan yang Tidak Beraturan

Konsep penataan ruangan event yang juga sering dijumpai yaitu konsep penataan ruangan yang tidak ada aturannya.

Maksudnya disini yang tidak beraturan yaitu posisi dinding yang terdapat pada ruangan. Ada yang berbentuk cembung, ada pula yang berbentuk cekung.

Namun kelebihan dari konsep dinding ruangan yang tidak beraturan ini yaitu sumber suara dapat didengar. Pasalnya, penggabungan konsep dinding cembung dan cekung tersebut dengan sistematis dapat menyerap getaran suara. Fungsinya yaitu agar sumber suara dapat terdengar dengan jelas.

 

Nah, itulah beberapa jenis-jenis ruang event berdasarkan konsep penataan ruangan yang paling sering dijumpai di event-event besar. Kira-kira jenis konsep ruangan seperti apa yang dapat dipraktikan dalam event Anda? Selain jenis-jenis ruangan event, Anda juga bisa mendapatkan inspirasi lainnya terkait ruangan event melalui website resmi GrahaRumah.com.